Senin, 02 Juni 2014

bentuk-bentuk komunikasi data



BENTUK-BENTUK
KOMUNIKASI DATA




DISUSUN OLEH :

SUCI PRATIWI ARIPA 121100011


DOSEN PEMBIMBING : KEUKEU ROHENDI, M.KOM

SEKOLAH TINGGI MANAJEMENT INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK INDONESIA
PADANG
2014/2015










KATA PENGANTAR


Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul KOMUNIKASI DATA“ Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata pelajaran Komunikasi Data.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi seluruh siswa dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua .
 











Daftar Isi



Kata Pengantar…………………………………………………………………………….....…...…i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………...…......ii
BAB I………………………………………………………………………………………….….....1
Pendahuluan………………………………………………………………………………….......1
1.      Pengertian Komunikasi Data…………………………………………………………......1
1.1.  Jenis-jenis komunikasi data………………………………………………………….......2
BAB II…………………………………………………………………………………………........5
Pembahasan/ Isi…………………………………………………………………………….........5
2.      Bentuk-bentuk Komunikasi Data…………………………………………………….......5
2.1.File Transfer Protocol……………………………………………………………….........5
2.2.AKSES/ ACCESS…………………………………………………………………..........7
2.3.Pengertian Management Data………………………………………………………........8
2.4.ELEKTRONIK MAIL……………………………………………………………….......9
BAB III………………………………………………………………………………………........10
KESIMPULAN…………………………………………………………………………….......10
3.1. Kesimpulan…………………………………………………………………………......10
Kritik dan Saran…………………………………………………………………………….......11 
DAFTAR PUSTAKA








BAB I

PENDAHULUAN

1.     Pengertian Komunikasi Data

   Komunikasi berasal dari bahasa Inggris ‘Communication’, secara etimologis berasal dari bahasa latin ‘Commicatus’, dan perkataan ini bersumber dari kata ‘Communis’ yang memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi miliki bersama’. Komunikasi berarti suatu proses membangun saling pengertian dengan menciptakan dan menggunakan informasi agar tehubung satu sama lain.
Data berasal dari kata ‘datum’ yang berarti materi atau kumpulan fakta yang dipakai untuk keperluan suatu analisa. Data merupakan sesuatu yang masih belum mempunyai arti bagi penerimanya dan memerlukan suatu pengolahan untuk menjadi informasi (informasi adalah sesuatu yang bisa dimengerti manusia dan bernilai pengetahuan).
Data bisa berwujud suatu kedaan, gambar, huruf, angka, bahasa, simbol matematika dan simbol lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung kedalam sebuah jaringan (network) melalui suatu media

1.1..         Jenis-jenis komunikasi data

A.      Offline Communication System

adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolah data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses ke CPU (Central Processing Unit).
Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam sistem komunikasi offline, antara lain :
1)      Terminal
Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatan terminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper tape, dan lain-lain.
2)      komunikasi
Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti : telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.
3)      Modem
Model adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.

B.  Online Communication System.

Pada sistem komunikasi Online ini, data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkan.

Sistem Komunikasi Online ini dapat berupa :
a.       Realtime system
Sistem RealdTime merupakan suatu sistem pengolahan data yang membutuhkan tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi.
b.      Batch processing system
Batch Processing System merupakan teknik pengolahan data dengan menumpuk data terlebih dahulu dan diatur pengelompokan data tersebut dalam kelompok-kelompok yang disebut batch.
c.       Timesharing system
Time Sharing System adalah suatu teknik penggunaan online sistem oleh beberapa pemakai. 
d.      Distributed data processing system

Distributed Data Processing System dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan setiap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem. 

 
BAB II

PEMBAHASAN/ ISI

1.     Bentuk-bentuk Komunikasi Data

1.1..  FILE TRANSFER PROTOCOL

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

1.1..2...      Proses yang terjadi pada FTP

Sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini. Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan file. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.

1.1..3...      Fungsi FTP

Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk Internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal Ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman.
 Otentikasi dan kesalahan penanganan teknik untuk membangun koneksi antara komputer host dan klien untuk pertukaran data. Demikian pula Hyper Text Transfer protocol (HTTP), menangani transfer halaman web dari server ke komputer klien.
Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau dalam istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file)

1.1..4...      Kelebihan & Kekurangan

1.       Kelebihan:
FTP adalah protokol yg menggunakan mekanisme TCP, artinya pasti ada proses 3 way handshake, karena mekanisme TCP, semua protocol yg menggunakan TCP pasti reliable.
2.       Kekurangan:
Karena adanya proses TCP ini sepertinya agak2 lambat karena harus melakukan 3 way handshake sebelum proses transfer data

1..               AKSES/ ACCESS

2.2.1. Model Akses

Ada 3 model akses yang mungkin oleh sebuah program terhadap file, yaitu
I.        Input File
File yang hanya dapat dibaca dengan program
Contoh : Transaction file merupakan input file untuk meng-update program
 Program file dari source code merupakan input file untuk program compiler.
II.      Output File
File yang hanya dapat ditulis oleh sebuah program / file yang dibuat dengan prgram.
Contoh : Report file merupakan output dari program yang meng-update master file
 Program file yang berupa object code merupakan output file dari program compiler.
III.    Input/Output File           
File yang dapat dibaca dari dan ditulis ke selama eksekusi program
Contoh :
·   Master File
·   Work File dengan sort program


2..               PENGERTIAN MANAGEMENT DATA

Manajemen data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya informasi yang akurat, mutakhir, aman dari gangguan dan tersedia bagi pemakai.

A.    Kegiatan manajemen data mencakup :

·         Pengumpulan data. Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam status formulir yang disebut dokumen sumber (source document) yang berfungsi sebagai input bagi sistem.
·         Integritas dan pengujian. Data tersebut diperiksa untuk menyakinkan konsistensi dan
akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan seb
elumnya.
• Penyimpanan. Data disimpan pada suatu medium seperti pita magnetik atau piringan magnetik.
·         Pemeliharaan. Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumber daya tetap mutakhir.
• Keamanan. Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan, atau peny
alahgunaan.
• Organisasi. Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
• Pengambilan. Data tersedia bagi pemakai.

B.    Tujuan dari menejemen data sendiri adalah

1. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu.
2. Mengembangkan dan mempertahankan satu sistem yang efisien untuk membuat, menyimpan, memanfaatkan, memelihara dan menempatkan informasi firma.
3. Melindungi kepentingan informasi firma, dan mendesain dan mengontrol standar yang efektif dan metode evaluasi periodik berkaitan dengan manajemen data, peralatan dan prosedur.
4. Membantu mendidik pegawai perusahaan dengan metode yang paling efektif untuk mengontrol dan mengolah data perusahaan.

4..          ELEKTRONIK MAIL

Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer bisa menggunakan internet atau sebatas internet. Alamat email memiliki lokasi tertentu di Internet yang dapat ditemukan oleh server lain dan jaringan cukup mudah.

2.1.  Fungsi Email

Fungsi email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.





BAB III

KESIMPULAN

1..        Kesimpulan 

Berdasarkan hasil dari pembahasan pada makalah ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa komunikasi data adalah : proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung kedalam sebuah jaringan (network) melalui suatu media, dan komunikasi data juga dapat dilakukandengan dua jenis yaitu : offline communication system dan online communication system.
Komunikasi data memiliki bentuk-bentuk antara lain : file transfer protocol (ftp), File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP, komunikasi data harus menggunakan access/akses, komunikasi data memiliki Manajemen data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya informasi yang akurat, mutakhir, aman dari gangguan dan tersedia bagi pemakai.
Komunikasi data juga dapat melalui eluctronik mail Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer bisa menggunakan internet atau sebatas internet. Alamat email memiliki lokasi tertentu di Internet yang dapat ditemukan oleh server lain dan jaringan cukup mudah. Electronic mail juga mempunyai Fungsi email adalah sarana untuk kirim mengirim Surat atau data berupa File Text, File Video, File Audio, File Gambar/Foto melalui jalur Internet atau Online. Yang bisa di akses melalui Komputer, Laptop, Smartphone (Android, Blackberry) dgn catatan terkoneksi dengan jaringan Internet.


2..               Kritik dan saran

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh sekali dari kata sempurna, Namun alangkah baiknya jika kalau ada yang memberikan kritik dan sarannya pada makalah kami agar bias lebih baik, meskipun tidak akan mencapai kesempurnaan.  
untuk itu kami berharap kepada pembaca makalah ini berupa saran dan kritikan yang sifatnya membangun dan dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi pembuatan makalah ini. Atas kritik dan sarannya kami ucapkan terima kasih.







DAFTAR PUSTAKA


Stallings William, 2001 . Komunikas Data Dan Jaringan. Jakarta: Salemba Teknik
           email.html#sthash.DFTgCDd5.dpuf


 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar